Monday, October 14, 2013

Pergantian kekuasaan dari VOC ke pemerintahan kolonial Hindia Belanda

Di sekitar penghujung abad ke-18, VOC menghadapi persoalan keuangan yang berat. VOC sudah tidak dapat memberi keuntungan lagi bagi para pegawai dan bagi negeri Belanda. Oleh karena itu, VOC bubar dan runtuh sejak tanggal 31 Desember 1799. Faktor-faktor penyebab bubar dan runtuhnya VOC antara lain sebagai berikut.
1. Sumber keuangan VOC semakin menipis sebagai akibat dari tindak korupsi para pegawai, pengeluaran biaya perang, dan semakin besarnya anggaran biaya untuk menggaji para pegawai.
2. VOC semakin tak mampu bersaing dengan organisasi dagang Inggris dan Prancis.
3. VOC banyak kehilangan prajurit yang gugur dalam menghadapi perlawanan rakyat Indonesia.
Setelah VOC bubar, pemerintah Republik Bataaf (Bataafsche Republiek) segera mengambil alih kekuasaan VOC di Indonesia. Segala hak dan kewajiban VOC diambil alih Republik Bataaf, termasuk dalam penyelesaian utang yang bertumpuk-tumpuk. Selanjutnya, pada tahun 1806 Republik Bataaf dihapus dan diganti dengan Koninrijk Holland (Kerajaan Belanda). Napoleon Bonaparte menempatkan adiknya yang bernama Louis Napoleon untuk berkuasa di Belanda. Sejak saat itu, kekuasaan atas Indonesia dipegang oleh Louis Napoleon. Untuk mengelola pemerintahan Indonesia, Louis Napoleon mengangkat Herman Willem Daendels menjadi gubernur jenderal Hindia Belanda.
Daendels mulai melaksanakan tugas pemerintahan di Indonesia sejak tahun 1808. Ia dibebani tugas utama untuk mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Inggris. Masa kekuasaan Daendels berlangsung di antara tahun 1808-1811. Tindakan yang dilakukan dalam menjalankan tugas sebagai gubernur jenderal di antaranya:
1. membangun ruas jalan raya dari Anyer sampai Panarukan sepanjang 1100 km.,
2. membangun armada militer yang kuat,
3. memperbaiki struktur pemerintahan,
4. menggalakan verplichte leveranties (penyerahan hasil bumi),
5. membangun pangkalan angkatan laut di Merak dan Ujung Kulon.

We’re known as people that will fight till the end but I’m not going to fight something just to fight something. I’ll fight if I have to, but I’m actually a lover and not a fighter at heart.
David Tepper

No comments:

Post a Comment