Thursday, May 30, 2013

Pengertian seni patung

Patung merupakan karya seni rupa tiga dimensi, artinya benda yang memiliki volume atau isi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, patung diartikan benda tiruan bentuk manusia dan binatang yang cara pembuatannya dipahat. Pengertian ini didasarkan terjemahan dari bahasa Inggris, sculpture, karena pematung jaman dahulu kebanyakan menggunakan teknik memahat.

Seni patung disebut juga plastic art atau seni plastik. Maksudnya, plastik mudah dibentuk sesuka hati. Seni patung juga diartikan sebagai seni bentuk, maksudnya bentuk-bentuk yang memiliki keindahan. Patung sebagai seni plastik mempunyai pengertian yang luas karena tidak hanya bentuk manusia atau bentuk binatang yang dibuat, tetapi bentuk apapun dapat disebut patung.

Fungsi patung
Secara umum fungsi seni patung tidak terlepas dari tujuan diciptakannya patung itu sendiri. berdasarkan tujuan pembuatannya, patung ada enam macam, yaitu sebagai berikut:
a.    Patung religi, sebagai sarana untuk beribadah atau bermakna religius
b.    Patung monumen, untuk memperingati jasa seseorang, kelompok, atau peristiwa bersejarah
c.    Patung arsitektur, yaitu patung yang ikut aktif berfungsi dalam konstruksi bangunan
d.    Patung dekorasi, yaitu patung untuk menghias bangunan atau memperindah lingkungan (taman)
e.    Patung seni, yaitu patung yang diciptakan untuk dinikmati keindahannya
f.    Patung kerajinan, yaitu patung hasil karya kerajinan.

Corak patung
Di Indonesia pada masa lampau sudah dikenal patung primitif seperti yang terdapat di beberapa pulau di Indonesia. Pada masa Hindu-Budha patung klasik terutama berkembang di Jawa dan Bali. Karya patung primitif dan klasik secara tradisional berlangsung turun temurun hingga sekarang. Selanjutnya patung primitif dan klasik disebut corak tradisional. Sedangkan patung di luar primitif dan klasik disebut patung bercorak modern.

No comments:

Post a Comment