Sunday, May 12, 2013

Laporan keuangan

Laporan keuangan yang disajikan setiap akhir periode didasarkan pada Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang terdiri dari Laporan Rugi-Laba, Laporan perubahan modal, Neraca dan Laporan arus kas.

Laporan Laba-Rugi (Income Statement) adalah laporan yang menunjukkan pendapatan dan beban dari suatu perusahaan dalam satu periode akuntansi.
Bentuk laposan laba-rugi yang lazim digunakan ada dua, yaitu:
a.    Bentuk langsung (single step). Menurut bentuk ini, seluruh pendapatan dijumlahkan dan semua beban dijumlahkan, kemudian diselisihkan untuk memperoleh besarnya laba atau rugi usaha.
b.    Bentuk bertahap (multiple step). Menurut bentuk ini, dibedakan antara pendapatan usaha dengan pendapatan di luar usaha, dan dibedakan pula beban usaha dengan beban di luar usaha, kemudian diselisihkan sehingga diperoleh laba atau ruginya.

Laporan Perubahan Modal (Capital Statement) adalah laporan yang menunjukkan sebab-sebab adanya perubahan modal, dari modal awal sampai dengan modal akhir periode.
Dalam laporan perubahan modal ditunjukkan perhitungan sebagai berikut: modal pemilik awal periode ditambah laba bersih seperti yang tercantum dalam laporan laba-rugi dan dikurangi dengan pengambilan pribadi pemilik (prive), sehingga diperoleh modal pemilik akhir periode.

Neraca (Balance Sheet) adalah laporan yang menunjukkan keadaan keuangan atau posisi keuangan suatu perusahaan pada saat tertentu. Posisi keuangan yang dimaksud terdiri atas jumlah aktiva, kewajiban dan modal.
Penyusunan neraca harus diurutkan sesuai dengan tingkat likuiditasnya atau tingkat kelancarannya. Neraca dapat disusun dengan dua bentuk, yaitu:
a.    Bentuk T atau bentuk skontro atau bentuk rekening
b.    Neraca bentuk laporan (staffel)

Laporan arus kas adalah laporan yang menunjukkan arus masuk dan arus keluar tentang kas dan setara dengan kas. Kas merupakan uang tunai atau saldo kas dan rekening giro, sedangkan setara kas merupakan investasi yang sifatnya sangat likuid, berjangka pendek dan dengan cepat dapat dijadikan kas.

No comments:

Post a Comment