Thursday, January 10, 2013

Padang rumput, gurun, tundra, hutan basah, hutan gugur, taiga

Padang rumput terbentang dari daerah tropis hingga subtropis. Curah hujan antara 250-500 mm/tahun. Tumbuhan sulit mengambil air. Tanaman yang dapat tumbuh adalah rumput. Di padang rumput yang relatif basah, rumputnya dapat mencapai 3 m (rumput bluestem, indian grasses).

Gurun banyak terdapat di daerah tropis dan berbatasan dengan padang rumput. Curah hujan sekitar 250 mm/tahun atau kurang. Suhu musim panas dapat mencapai 40 derajat celcius. Malam hari sangat dingin. Tumbuhan yang dapat beradaptasi dengan kekurangan air dan penguapan yang cepat adalah tumbuhan berdaun kecil seperti duri atau tidak berdaun. Tumbuhan berakar panjang sehingga dapat menyerap air dari tempat yang dalam dan menyimpan di jaringan spon.

Tundra hanya hidup di belahan bumi utara (dekat kutub utara). Daerah ini musim dinginnya panjang dan gelap serta pada musim panasnya, panas dan terang terus-menerus. Di daerah ini banyak terdapat lumut. Tumbuhan semusimnya berbunga dengan warna yang mencolok, masa pertumbuhannya sangat pendek. Tumbuhan di daerah tundra beradaptasi dengan keadaan dingin sehingga akan tetap hidup meskipun dalam keadaan beku.

Hutan basah. Di daerah ini cukup mendapat air. Pohon-pohon di dalamnya memiliki ketinggian 20-40 meter. Cabang-cabangnya berdaun lebat membentuk tudung yang menyebabkan hutan gelap. Selain itu terdapat tumbuhan liana dan epifit. Liana contohnya rotan, epifit contohnya anggrek. Persebaran di Indonesia, Australia Utara, Irian Timur, Afrika Tengah, dan Amerika Tengah.

Hutan gugur. Di hutan gugur jenis tanamannya sedikit tidak sebanyak pada hutan basah. Banyak pohon yang menggugurkan daunnya.

Taiga, adalah hutan pohon pinus yang daunnya seperti daun jarum. Misalnya konifer, alder, birch, juniper. Daerah taiga hanya terdiri dari bioma yang hanya terdiri dari satu spesies pohon. Persebarannya kebanyakan di belahan bumi utara (Siberia Utara, Rusia, Kanada Tengah dan Utara).

Kunjungi juga: http://matakristal.com/

No comments:

Post a Comment