Friday, December 7, 2012

Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia

Kerajaan-kerajaan Islam banyak berdiri di Indonesia. Berikut ini adalah kerajaan Islam tersebut diurutkan dari yang paling pertama kali berdiri.
a. Kerajaan Perlak
Menurut pendapat Prof. A. Hasymy, sebelum Kerajaan Samudera Pasai berdiri sudah ada pusat pemerintahan di Peureula (Perlak). Pendapatnya itu berdasarkan sebuah naskah kuno, yaitu Izkharul Haq yang ditulis oleh Al-Tashi. Kerajaan Perlak berdiri sekitar abad IX Masehi. Rajanya yang pertama adalah Sayid Abdul Aziz yang bergelar Sultan Allaiddin Sayid Maulana Abdul Aziz Syah.

b. Kerajaan Samudera Pasai
Ketika Kerajaan Perlak mengalami kemunduran, para pedagang mengalihkan perhatian kegiatannya ke Pasai. Hal itu dibarengi dengan naiknya Marah Silu menjadi penguasa. Selanjutnya, Marah Silu berhasil mempersatukan dua daerah tersebut menjadi sebuah kerajaan Islam dengan nama Kerajaan Samudera Pasai. Marah Silu menjadi raja pertama Kerajaan Samudera Pasai dengan gelar Sultan Malik as-Saleh. Ia memerintah pada tahun 1285-1297. setelah wafat, Sultan Malik digantikan oleh Sultan Muhammad atau Sultan Malik at-Tahir I (1297-1326), selanjutnya Sultan Malik at-Tahir II (1326-1348). Pada masa Sultan Malik at-Tahir II, perkembangan kerajaan tidak begitu jelas.

c. Kerajaan Aceh
Kerajaan Aceh muncul pada abad XVI. Letak Aceh sangat strategis, yaitu sebagai lalu lintas perdagangan nasional dan internasional.

d. Kerajaan Demak
Kerajaan Demak adalah kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Kerajaan Demak mencapai kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Trenggono. Setelah kekuasaan Sultan Trenggono berakhir, kejayaan Demak mulai meredup karena adanya perebutan kekuasaan.

e. Kerajaan Pajang
Jaka Tingkir adalah menantu Sultan Trenggono. Dia diberi wilayah kekuasaan di Pajang. Jaka Tingkir menobatkan dirinya sebagai Sultan Pajang, dengan gelar Sultan Adiwijaya. Kekuasaan Pajang meluas hampir ke seluruh Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura.

f. Kerajaan Mataram Islam
Sultan Agung merupakan raja terbesar dari Kerajaan Mataram.

g. Kerajaan Cirebon
Utusan Raden Patah dari Kerajaan Demak, yaitu Fatahillah berhasil menaklukkan Sunda Kelapa. Dia pendiri dan raja pertama Kerajaan Cirebon. Fatahillah tidak lain adalah Sunan Gunung Jati. Satu-satunya anggota Wali sanga yang menjadi raja. Perkembangan Kerajaan Cirebon selanjutnya meluas ke Banten.

h. Kerajaan Banten
Setelah Sunda Kelapa berhasil direbut Fatahillah pada tahun 1526, Banten terus berkembang. Banten berhasil melepaskan diri dari Demak dan menjadi sebuah kerajaan yang merdeka.

i. Kerajaan Makassar
Kerajaan Makassar merupakan penggabungan dari kerajaan-kerajaan Hindu yaitu Kerajaan Gowa, Tallo, Bone, Luwu, dan Soppeng.

j. Kerajaan Ternate
KerajaanTernate mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Sultan Baabullah (1570-1583).

Kunjungi juga: http://matakristal.com/

No comments:

Post a Comment