Saturday, November 10, 2012

Macam-macam alat pemuas kebutuhan manusia

Menurut wujudnya, barang ada dua macam, yaitu barang kongkret dan barang abstrak.
Barang kongkret adalah alat pemuas kebutuhan manusia yang mempunyai wujud, dapat dilihat dan diraba. Contohnya makanan, minuman.
Barang abstrak adalah alat pemuas kebutuhan yang tidak dapat dilihat namun dapat dirasakan kegunaannya. Contohnya jasa dokter, jasa bidan.

Menurut kelangkaannya, barang dibagi menjadi dua macam, yaitu barang ekonomis dan barang bebas.
Barang ekonomis adalah barang yang langka dan jumlahnya terbatas sehingga untuk memperolehnya memerlukan pengorbanan, misalnya pakaian dan perumahan.
Barang bebas adalah barang yang persediaannya lebih banyak daripada kebutuhan manusia sehingga untuk memperolehnya tidak perlu pengorbanan, misalnya udara, sinar matahari.

Menurut tujuan penggunaannya, barang atau benda dibedakan menjadi dua macam, yaitu barang konsumsi dan barang produksi.
Barang konsumsi adalah barang yang langsung dapat memenuhi kebutuhan manusia dan cepat habis dipakai. Contohnya makanan, obat-obatan.
Barang produksi atau barang modal adalah barang yang dapat memenuhi kebutuhan manusia setelah melalui proses produksi. Contohnya mesin jahit.

Menurut hubungannya dengan barang lain, barang dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu barang komplementer dan barang substitusi.
Barang komplementer adalah barang yang dalam penggunaannya harus digabungkan dengan barang lain. Contohnya pulpen dengan tinta.
Barang substitusi adalah barang yang dapat menggantikan barang kebutuhan lain. Contohnya beras putih dengan beras merah.

Menurut jaminannya, barang dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu barang bergerak dan barang tidak bergerak.
Barang bergerak adalah barang yang digunakan untuk memperoleh kredit jangka pendek. Misalnya radio untuk digadaikan.
Barang tidak bergerak adalah barang yang bisa digunakan untuk memperoleh kredit jangka panjang. Misalnya tanah untuk memperoleh pinjaman jangka panjang dari bank.

Menurut kesiapan penggunaan atau proses pembuatan
Bahan mentah
Bahan mentah masih berupa bahan yang perlu diolah lebih lanjut agar dapat memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya beras, kapas.

Bahan setengah jadi
Bahan setengah jadi merupakan hasil olahan dari bahan mentah. Namun, bahan setengah jadi masih perlu diolah lagi menjadi barang yang siap digunakan. Contohnya benang bagi perusahaan tekstil.

Barang jadi
Barang jadi merupakan hasil akhir dari suatu proses pembuatan (pengolahan). Barang jadi siap digunakan sebagai alat pemuas kebutuhan manusia. Contohnya meja, sepatu.

kunjungi juga: http://matakristal.com/

No comments:

Post a Comment